Pelayanan Kesehatan HIV/AIDS Dalam Masa ‘New Normal’

Editor: Ivan Aditya

Sementara itu panitia pelaksana kegiatan, Selasih Putri IH STrKeb MTrKeb menjelaskan, seminar ini merupakan agenda rutin sekali dalam satu semester dan bagian dari mata kuliah Reproductive Health. Seminar daring ini wajib diikuti oleh para mahasiswa D3, S1 dan Profesi Kebidanan dan Magister Kebidanan di STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

“Seminar ini dilaksanakan setiap semester karena merupakan mata kuliah wajib. Namun berhubung pandemi kami laksanakan secara online,” kata Selasih Putri.

Dosen Program Studi Profesi Kebidanan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta ini menambahkan pengetahuan akan HIV/AIDS akan mengurangi stigma masyarakat terhadap ODHA. Para bidan maupun tenaga kesehatan lain tentunya harus mampu menempatkan diri dan tetap memberikan layanan tanpa membeda-bedakan pasien.

“Kedepan mereka para bidan dalam menghadapi pekerjaan tentunya akan berhadapan dengan berbagai kalangan, termasuk ODHA. Bekal secara konteks ilmu inilah yang harus dikuasai agar mereka nantinya dapat benar dalam dalam melakukan tindakan,” jelasnya.

Seminar virtual yang dilaksanakan sekitar dua jam ini diikuti sekitar 1.660 peserta. Tak hanya dari kalangan mahasiswa maupun tenaga kesehatan, masyarakat juga turut ambil bagian dan mendaftarkan diri untuk dapat mengikuti seminar ini. (*)

BERITA REKOMENDASI