Pembangunan Ekosistem Riset Jadi Fokus Kemenristek di 2021

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembangunan ekosistem riset dan inovasi akan menjadi fokus dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) pada 2021. Dalam membangun ekosistem dan riset, pelibatan pihak swasta atau industri akan menjadi sasaran penting sebagai upaya bersama menumbuhkan kegiatan riset dan inovasi di Indonesia.
Untuk itu sinergi antar berbagai lembaga penelitian perlu untuk diidentifikasi agar akselerasi dapat berjalan dengan baik. Pasalnya ingin memperkuat ekosistem riset, maka kolaborasi menjadi salah satu kunci.

“Dalam riset 2021, ekosistem riset dan inovasi masih tetap harus terkait dengan upaya mengatasi covid-19. Jadi yang saya ketahui dari tim reviewer, pendanaan riset oleh pemerintah fokusnya masih kesitu.

Arah utama memang diharapkan adanya keterlibatan pihak swasta atau industri. Sehingga ada link antara pihak akademik dengan corporate,” kata pengamat pendidikan sekaligus Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Prof Dr Ambar Rukmini di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

BERITA REKOMENDASI