Pemerintah Dorong Internasionalisasi PT

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kasubdit Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran Kemristekdikti Dr Uwes Anis Chaerumam menyatakan pemerintah lewat Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta melakukan internasionalisasi yang diawali dengan peningkatan kualitas PT yang bersangkutan.  

Terlebih di era MEA dan era industri 4.0, PT harus sampai level regional dan internasional. Hal tersebut disampaikan Dr Uwes Anis Chaerumam saat menjadi pembicara kunci seminar 'Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran Dalam Kerangka Kebijakan Internasionalisasi Perguruan Tinggi' yang digelar Unika Soegijapranata Semarang, Selasa (2/10). Tampil sebagai pembicara WR I Unika Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD, WR IV B Danang Setianto SH LLM MIL dan Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Dr Marcella Elwina S SH CN MHum. Internasionalisasi PT bisa berupa penyelenggaraan dobel degree, joint degree, student dan faculty member exchange, pengajar tamu atau minimal credit transfer.

“Untuk internasionalisasi sejumlah langkah perlu dilakukan di antaranya memperkuat leadership, meningkatkan kualitas dan memperkaya resources atau sumber daya manusia (dosen, administrasi, karyawan, serta mahasiswa) serta mengikuti perkembangan ipteks yang sedang berkembang saat ini. Termasuk menuju arah cyber university, tidak hanya cyber untuk pendidikan atau pengajarannya saja melainkan untuk segala hal menyangkut pendaftaran, kuliah, administrasi kuliah, dan lain lain” ujar Dr Uwes.

Lebih lanjut menurut Dr Uwes Anis Chaerumam, salah satu tantangan berat di era internet seperti sekarang ini para pengelola PT harus mengubah mindset ke era internet, bukan mahasiswanya yang perlu berubah mindset karena mahasiswa sudah melek internet. Karena kebanyakan mahasiswa sekarang termasuk generasi milenial. Justru para dosen dan administrasinya yang masih mayoritas generasi lama atau generasi sebelum generasi milenial ini. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI