Pemimpin Muda Belajar Diplomasi

BANTUL, KRJOGJA.com – Muhammad Fadlil Makarim, mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Global Goals Model United Nations (GGMUN) 3.0 di Bangkok Thailand, 4-7 Oktober lalu. 

Menurut Fadlil, GGMUN 3.0 ini merupakan tempat para pemimpin muda dari berbagai negara untuk belajar tentang diplomasi, pemikiran kritis berbicara di depan umum dan konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa. "GGMUN 3.0 menyediakan platform, setiap orang dapat berbagi perspektif dan pendapat tentang Sustainable Development Goals/SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan," ucapnya di kampus 4 UAD, Ringroad Selatan, Sabtu (12/10/2019). SDGs adalah kumpulan 17 tujuan global yang ditetapkan oleh Majelis Umum PBB tahun 2015 untuk tahun 2030.

Disebutkan Fadlil, dengan bergabungnya GGMUN 3.0, para pemimpin muda juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dan mendorong diri untuk memperluas jaringan dan meningkatkan kesadaran akan tujuan global untuk membantu masyarakat tumbuh. "Kaum muda juga memiliki tanggungjawab dan hak untuk berkontribusi 17 tujuan global sebagai kunci untuk mengubah dunia ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Terkait Fadlil ke forum GGMUN 3.0, Farid Setiawan MPdI, Kaprodi PAI-UAD mendukung kegiatan mahasiswa ke luar negeri. Tujuanya untuk dapat memberdayakan kesadaran mahasiswa mengenai hubungan dan isu-isu internasional. Selain itu, target dari prodi PAI agar mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. (Jay)

BERITA REKOMENDASI