Penerima Nobel Kuliah Umum di ITB

JAKARTA (KRjogja.com) – Berkesempatan bertemu dengan tokoh dunia tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Tak heran, kehadiran pemenang penghargaan Nobel pada 1999 yakni Profesor Gerardus 't Hooft di Institut Teknologi Bandung (ITB) disambut antusias oleh civitas akademika kampus hingga masyarakat umum. 

Ilmuwan fisika kuantum itu memberikan kualiah umum di hadapan 900 peserta yang telah memadati Auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Pada kesempatan tersebut, 't Hooft menceritakan perjuangannnya dalem meneliti hingga berhasil meraih Nobel.

"Fisika kuantum adalah salah satu bidang fisika yang cukup baru di ranah sains. Pengetahuan manusia yang terbatas pada ranah ini memantik rasa penasaran dalam batin ilmuwan fisika," ujarnya, sebagaimana dilansir dari laman resmi ITB, Sabtu (5/11/2016). 

Profesor asal Belanda ini mengungkapkan meraih penghargaan Nobel berkat makalah ilmiahnya yang berjudul 'Renormalizable Lagrangians for Massive Yang-Mills Fields'. Dalam makalah itu, 't Hooft berhasil menjelaskan struktur kuantum dari interaksi elektro lemah. "Karya emas itu terbit pada 1971 ketika masih 24 tahun. Hasil kerja diturunkan tanpa bantuan komputer. Penelitian saya lakukan dalam rangka mengejar gelar doktoral," ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI