Pengasuh Ponpes Umul Albab Raih Gelar Doktor

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengasuh Ponpes Ulul Alba Balirejo Umbulharjo, KH Ahmad Yubaidi sukses menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor Bidang Studi Islam pada Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di kampus setempat, Jum’at (13/8/2021). Ujian Terbuka ini dipimpin Prof Dr H. Machasin MA, selaku ketua sidang dengan didampingi Prof Dr H Abdul Mustaqim SAg MAg, (sekretaris sidang).

Sebagai penguji Prof Dr H Makhrus Munajat, SH M Hum (promotor dan penguji I), Dr H Riyanta M Hum (co-promotor dan penguji II), Dr Ahmad Bahiej SH M Hum (penguji III), Prof Drs H Ratno Lukito MA DCL (penguji IV), H Bayu Dardias Kurniadi SIP MA MPubPolPh.D (penguji V dari UGM) dan Dr Hj Siti Fatimah SH M Hum (penguji VI). Atas disertasi yang dipaparkan, KH Ahmad Yubaidi, dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Di hadapan dewan penguji, promotor, dan tamu undangan yang hadir melalui zoom, Doktor ke-773 UIN Suka ini memaparkan hasil penelitian dalam disertasinya yang berjudul “Kebijakan Penilai Pertanahan Dalam Peralihan Alih Fungsi Tanah untuk Kepentingan Umum”. Judul disertasi tersebut diangkat karena pria yang sehari-hari berprofesi sebagai notaris dan dosen ini menilai bahwa salah satu permasalahan mengenai alih fungsi tanah untuk kepentingan umum adalah terkait besaran ganti kerugian yang diterima masyarakat dinilai tidak mencerminkan kelayakan dan keadilan.

“Salah satu permasalahan mengenai alih fungsi tanah untuk kepentingan umum yaitu terkait besaran ganti kerugian, di mana ganti kerugian yang diterima masyarakat tidak mencerminkan kelayakan dan keadilan. Padahal, UU No. 2 Tahun 2012 agar pelepasan hak yang dilakukan oleh masyarakat harus dibarengi dengan pemberian ganti kerugian yang layak dan adil,” jelas mantan Ketua PCNU Kota Yogyakarta ini.

UIN

BERITA REKOMENDASI