Pengembangan Inovasi Nasional, PT Miliki Peran Penting

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengharapkan supaya perguruan tinggi dapat menjadi tulang punggung pengembangan inovasi nasional. Semua itu perlu dilakukan karena ke depan pengembangan ekonomi di Indonesia akan berbasis inovasi dan perguruan tinggi harus menjadi yang terdepan.

“Perguruan Tinggi (PT) mengemban amanah untuk melaksanakan tridharma, yang salah satunya adalah penelitian. Jadi sudah selayaknya jika PT dituntut menjadi tulang punggung pengembangan inovasi nasional. Konsekuensi dari itu penelitian yang dilakukan harus merupakan inovasi-inovasi baru, sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada,” kata Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Prof Dr Ambar Rukmini di Yogyakarta, Minggu (11/10/2020).

Menurut Ambar, tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola PT saat ini semakin kompleks. Kondisi tersebut secara tidak langsung menuntut PT terus melakukan inovasi dan terus meningkatkan kualitas diri. Tentunya dalam mewujudkan hal itu mereka tidak bisa sendirian. Untuk itu perlu kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, BPTP, BATAN serta beberapa yang lain.

BERITA REKOMENDASI