Pengembangan Inovasi Nasional, PT Miliki Peran Penting

“Saat awal pandemi Covid-19 banyak bermunculan produk sanitizer atau ventilator yang sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat. Dalam kondisi tersebut produk-produk itu perlu diproduksi secara cepat karena persediaan terbatas, sedangkan kebutuhannya meningkat drastis. Kondisi itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola PT,” terang Ambar.

Lebih lanjut Ambar menyatakan, supaya pengembangan inovasi nasional bisa benar-benar diwujudkan. Langkah nyata yang perlu dilakukan adalah menyamakan mindset dari kalangan PT agar semuanya dapat berperan sebagai inventor-inventor sesuai bidang kepakarannya masing-masing. Meski dalam realitanya terkadang mengalami kendala, terutama bagi PT kecil.

Salah satunya berkaitan dengan sarana dan prasarana untuk menghasikan invensi tersebut. Karena akan sangat sulit menghasilkan inovasi unggul dengan keterbatasan sarana yang dibutuhkan. Apalagi dua tahun belakangan ini, alokasi dana penelitian dari Pemerintah jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Menyikapi kondisi itu saya berharap pemerintah tetap bisa memfasilitasi dengan kucuran dana sesuai dengan kebutuhan para peneliti. (Ria)

BERITA REKOMENDASI