Perguruan Tinggi Harus Ciptakan Lingkungan Kreatif

BANTUL, KRJOGJA.com – Perguruan tinggi harus menciptakan lingkungan yang membangun pemikiran kreatif. Sejak semester awal, pemikiran kreatif mahasiswa harus sudah dibangun. Dengan demikian, pemikiran kreatif orang muda sudah dibangun sejak dini. 

"Semua ini akan memberi dampak bagus pada orang muda. Karena upaya ini bisa membangunkan pemikirannya untuk tidak hanya menjadi pegawai tapi justru menumbuhkan pemikiran kreatif yang bisa dikembangkan untuk membangun sebuah bisnis," tandas Penilai Business Plan Marketing Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Yogyakarta Yoga Wisnu Wardani di sela presentasi Business Plan Agribisnis di Kampus UMY, Kamis (26/10/2017). Kegiatan berlangsung Senin-Jumat (23-27/10).

Diakui, menumbuhkan kreativitas bukanlah perkara gampang. Tidak heran menurut Yoga jika dikatakan di negeri ini telah terjadi kesenjangan kreativitas orang muda. “Akibatnya, ada kelompok orang muda yang sangat  kreatif. Sebaliknya,  ada kelompok yang sama sekali tidak kreatif apalagi bila berkaitan  dengan kreatifitas bidang kewirausahaan,” ujarnya.

Yogya menjelaskan harus ada upaya guna mengikis kesenjangan kreativitas ini. “Upaya dari  dalam lingkungan perguruan tinggi khususnya, merupakan salah satu solusi yang perlu dilakukan. Sehingga sejak semester awal mindset kreatif sudah terbangun,” jelasnya. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI