Perguruan Tinggi, Media Tepat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai penjelmaan semangat kekeluargaan negara Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk mengukuhkan nilai-nilai fundamental kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai mandat konstitusional yang diembannya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. 

Salah satu upayanya adalah memberikan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat. Upaya ini, selanjutnya dikenal dengan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Meneguhkan wacana di atas, Anggota MPR RI Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A. bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. 

"Perguruan tinggi sembaga lembaga pendidikan merupakan lokus sekaligus institusi yang paling setrategis dalam melakukan rekayasa sosial, dibandingkan pranata sosial lainnya. Singkatnya, sektor pendidikan adalah medium yang menentukan suatu kondisi masyarakat baik pada masa sekarang maupun di masa yang akan datang," jelasnya kepada media, Jumat (22/11/2019).

Hadir pula pembicara lain dalam Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diantaranya Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Rektor UNY), Dr. Samsuri (Kepala Pusat Studi Pancasila UNY) serta Ainul Yakin, M.Ed. (Kepala Lakpesdam NU, Dosen UIN). (Dev)

BERITA REKOMENDASI