Perguruan Tinggi Percepat Kenaikan Kelas Sosial

SEMARANG (KRjogja.com) – Lulus perguruan tinggi (PT) bisa mengubah seseorang menjadi lebih baik dan memiliki strata sosial ekonomi jauh lebih cepat dibanding mereka yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi sehingga sebagai mahasiswa baru harus disyukuri sekaligus memantapkan dirinya akan menjadi orang ataukah tidak (to be or not to be).
 
“Masa studi 4 tahun atau yang kurang dari 4 tahun kalau ekstra ordinary, sangat menentukan hidup dan masa depan anda. Tinggal memilih, karena hidup adalah pilihan, menjadi atau tidak menjadi. Kalau ingin menjadi, harus total dalam kuliah, rajin, dan selalu fokus ke tujuan” ujar Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc pada upacara 17 Agustus dan penerimaan resmi 1.750 mahasiswa baru di lingkungan Unika di kampus setempat.

 
Rektor memberi contoh di era 30 tahun lalu, banyak orangtua dari kalangan kurang mampu yang berhasil menyekolahkan anaknya sampai jenjang PT yang akhirnya si anak bisa dengan cepat mengubah strata sosial ekonomi dari kelas rendah menjadi kelas menengah dan tinggi, setelah lulus kuliah. Kondisi semacam ini sebagian masih tetap berlaku di masa sekarang ini sehingga kampus merupakan salah satu tempat yang menjadikan seseorang naik kelas sosial dan bisa menjadi insan yang merdeka yang pada akhirnya beguna bagi diri sendiri, bangsa dan universal.  (sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI