Peringkat PTN Indonesia Terus Melesat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir memberikan Kuliah Umum di kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT), Tarakan Kalimantan Utara (8/6/2017). 

Menristekdikti menyampaikan fakta bahwa saat ini  terdapat 4.498 perguruan tinggi di Indonesia dengan 25.548 program studi. Jumlah perguruan tinggi Indonesia ini lebih banyak dibandingkan jumlah perguruan tinggi Tiongkok yakni sebanyak 2.825 perguruan tinggi. Padahal Tiongkok memiliki jumlah penduduk lebih besar. 

Menristekdikti berharap agar perguruan tinggi di Indonesia senantiasa meningkatkan kualitasnya, bukan hanya unggul dalam kuantitas, sehingga dapat bersaing di tingkat dunia.

"Ada tiga perguruan Indonesia yang masuk 500 besar dunia. Tahun ini ada pergerakan besar peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia (QS), Universitas Indonesia di peringkat 277 naik 48 peringkat dari tahun sebelumnya di 325. Institut Teknologi Bandung di peringkat 331 dan Universitas Gadjah Mada naik 99 peringkat menjadi peringkat 402," ujar Menristekdikti. 

Kondisi Ini, kata Menristek Dikti adalah bukti kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun dan dapat bersaing di tingkat dunia. Karena itu, UBT harus selalu berbenah baik dari penguatan sumber daya manusia maupun fasilitas pendidikan agar mampu mengejar ketertinggalan dari perguruan tinggi yang telah masuk peringkat dunia. (Ati)

BERITA REKOMENDASI