Pesawat Surveillance Karya UGM Ini Bisa Petakan Bumi Secara 3 Dimensi

SLEMAN (KRjogja.com) – Hasil penemuan mahasiswa ditampilkan dalam UGM Expo 2016 di Grha Sabha Pramana 20-25 September 2016. Salah satu yang cukup menarik adalah pesawat tanpa awak yang bisa digunakan untuk pemetaan bumi secara tiga dimensi.

Pesawat tersebut diberinama Elang Caraka dan merupakan hasil kreasi anak-anak Teknik Mesin UGM angkatan 2012. Ialah Yudhistira Candra, Ogi Budiana dan Novata Zaka Rohmana yang menjadi kreator Elang Caraka ini.

Kepada KRjogja.com Selasa (20/9/2016) Yudhistira menceritakan awal mula membuat Elang Caraka yang diakui baru dimulai pada Februari 2016. Selama hampir tujuh bulan mereka bekerja keras dan mengumpulkan pendanaan hingga Rp 150 juta untuk membuat pesawat yang mampu tebang setinggi 1 kilometer ini.

"Pesawat ini jenis drone fix wing dengan bahan bakar gasoline, misinya untuk surveillance seperti perkembangan tampak bumi Gunung Merapi. Drone ini bisa mengumpulkan foto 2 dimensi dan kemudian diolah menjadi 3 dimensi karena kami akan kerjasama dengan rekan di geografi," ungkapnya.

Elang Caraka ini menurut Yudhistira baru akan resmi dilaunching ke publik pada akhir tahun 2016 dan akan dijual pada kisaran harga Rp 500 juta. Angka tersebut seturut para mahasiswa ini merupakan termurah dibandingkan dengan jenis pesawat serupa yang dijual di luar negeri.

"Kami mungkin akan lepas sekitar Rp 500 jutaan dengan garansi after sales, seperti kalau ada kerusakan akan diganti langsung. Ini jauh lebih murah dibandingkan jenis serupa yang biasanya lebih dari Rp 1 miliar," imbuhnya.

Beberapa keunggulan lain juga dibawa pesawat Elang Caraka ini diantaranya autopilot dengan mengandalkan GPS, videp streaming dan ada pula sensor temperatur udara. Pesawat ini juga diklaim bisa terbang selama enam jam dengan daya jelajah mencapai 50 kilometer.

"Kita tunggu saja, launchingnya akhir tahun nanti. Semoga bisa tepat waktu dan dimanfaatkan untuk pemetaan di kawasan yang memang membutuhkan," pungkas Ogi Budiana. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI