Peserta Tak Perlu Khawatir Meski Lokasi Favorit UTBK SBMPTN Penuh

YOGYA, KRJOGJA.com – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2019 terus berlangsung. Hingga pukul 17.30 wib, Sabtu (9/3/2019), jumlah pendaftar mencapai 449.241 orang.

Dari jumlah tersebut, 397.288 orang sudah melakukan finalisasi. Artinya, peserta sudah membayar biaya pendaftaran dan mendapat kartu peserta UTBK SBMPTN.

Perinciannya, untuk peserta kelompok sains dan teknologi (sainstek) ada 223.119 orang dan sosial humaniora (soshum) sebanyak 174.169 orang.

Sementara itu, jumlah peserta reguler mencapai 323.068 orang. Sedangkan bidikmisi berjumlah 74.230 orang. Data tersebut merupakan peserta UTBK seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, beberapa lokasi pusat UTBK SBMPTN di kota besar sudah penuh.

Antara lain, Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta di DKI Jakarta; Universitas Negeri Jogjakarta, Institut Seni Indonesia serta Universitas Gadjah Mada di DIY.

Selanjutnya Universitas Diponegoro di Semarang dan Insititut Teknologi Bandung juga sudah full-booked untuk gelombang 1.

Sementara di Surabaya, tiga pusat UTBK SBMPTN masih tersedia. Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi pilihan favorit peserta untuk melakukan tes. Hingga tadi malam, Unair sudah terisi 87 persen dan Unesa 71 persen (selengkapnya lihat grafis).

Sedangkan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) baru 65 persen. Meski begitu, Budi mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir. Lokasi tes tidak berpengaruh dengan diterima atau tidak.

“Tes di pusat UTBK mana pun sama. Nanti ada waktu mendaftar SBMPTN bisa memilih PTN dan prodi sesuai keinginan,” jelas Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada itu.

Untuk mengakomodasi kebutuhan siswa yang belum mendaftar, LTMPT akan berkomunikasi dengan pusat UTBK yang sudah penuh untuk membuka sesi tambahan untuk gelombang 1.

“Kami akan kaji dulu. Sementara ini, pusat UTBK masih tersedia di PTN lain. Tapi untuk PTN favorit memang sudah habis,” ujar Budi.

Wakil Ketua 1 LTMPT Joni Hermana menegaskan, bagi peserta yang sudah log in sistem pendaftaran UTBK SBMPTN agar langsung melakukan finalisasi. Tujuannya, menghindari terjadinya kendala-kendala lain yang tidak diinginkan.

“Kalau sudah milih tanggal langsung finalisasi. Antisipasi supaya terjadi penumpukan lagi,” pungkas Joni.(*)

BERITA REKOMENDASI