PKK UST Gelar Danakirti Nuswantara

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta bakal menggelar Pagelaran karya Cipta UST 2019 bertajuk Danakirti Nuswantara pada Jumat 20 Desember 2019 pukul. 13.00 di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta. 

Pameran ini akan menampilkan berbagai macam kreasi makanan dan peragaan busana yang diikuti oleh sebanyak 78 mahasiswa Angkatan 2016 Bidang Keahlian Tata Busana dan Tata Boga yang terdiri dari  52 mahasiswa Tata busana dan 26 mahasiswa Tata Boga. 

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan salah satu program studi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Program studi PKK mempunyai dua bidang keahlian yaitu Tata Busana dan Tata Boga. Dengan mengusung visi “Menjadi Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa”, Prodi PKK terus berupaya menghasilkan lulusan yang handal dan berkompeten di bidang Tata Busana dan Tata Boga. 

Pagelaran Karya Cipta dengan mengusung tema besar “Danakirti Nuswantara”, sebagai wujud implementasi konsep Tri-Kon (Kontinyu, Konvergen, Konsentris) terhadap kekayaan bahan lokal yang ada di Nusantara, kemudian ditampilkan dalam sebuah Pagelaran Karya Cipta yang mempresentasikan hasil karya kreatif dan inovatif dari mahasiswa PKK 2019 bidang keahlian Tata Busana dan Tata Boga. 

Danakirti Nuswantara diambil dari bahasa Sanskerta. 'Danakirti' berarti kekayaan, dan “Nuswantara” merupakan Nusantara atau Indonesia. Kedua kata tersebut disatukan menjadi “Danakirti – Nuswantara” yang bermakna kekayaan nusantara yang diimplementasikan sebagai warisan budaya dari banyaknya kebudayaan di Indonesia. 

Bidang Keahlian Tata Boga akan menampilkan lebih dari 50 inovasi hidangan khas daerah dari berbagai provinsi di nusantara seperti nasi, lauk pauk, sayur, kudapan, minuman dan dry product yang dijual. Menggunakan bahan lokal berupa umbi-umbian dan biji-bijian. Bidang Keahlian Tata Busana menampilkan 52 busana gala beserta aksesoris & milineris yang akan diperagakan oleh model profesional yang terinspirasi dari berbagai daerah di Nusantara dengan menggunakan bahan dasar berbagai kain Nusantara Songket, Batik, Lurik dan Tenun.(*)

BERITA REKOMENDASI