PKM-PM UPY Lolos Pendanaan PKM Dikti 2021

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) beranggotakan 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Shinta Widyasari, Epi Indhi Saputri, dan Kresnandika Wirayudha dan dosen pendamping Kintoko MPd, lolos pendanaan PKM Dikti 2021 dengan judul ‘Pengenalan Angka dengan Komik Angka Bergambar (Komabar) pada Siswa Tunarungu SLB B’.

Shinta Widyasari, Sabtu (11/09/2021) menyampaikan mereka mereka berinovasi untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pengenalan angka dengan media Komabar. Dengan dibuatnya media pembelajaran ini, peserta didik dapat mengenali angka dengan mudah dan tentunya bersemangat karena menggunakan media berupa komik. Komabar ditujukan bagi siswa tunarungu di SLB B Karnnamanohara yang terletak di Jalan Pandean II, Gang Wulung, Condongcatur, Depok, Sleman. Program ini merupakan wujud pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyakarat yang telah lolos didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2021.

Media Komabar memiliki konsep komik bergambar yang berisi materi angka 0 sampai dengan 9. Angka tersebut berupa pengenalan bagi siswa agar dapat memahami angka berikutnya dengan memuat gambar-gambar isyarat dasar. Oleh karena itu, melalui Komabar, siswa tunarungu yang masih kesulitan mengenal angka dapat lebih fasih, lancar, dan senang menggunakan media komik yang berwarna-warni sehingga lebih semangat belajar. Selain itu, Komabar dilengkapi dengan latihan menebalkan angka sehingga peserta didik dapat berlatih menulis angka dengan benar.

UPY

BERITA REKOMENDASI