PKM Prodi Teknik Elektro Unriyo Dukung Pengairan Agro Wisata Tanggulangsi

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Elektro, Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Sebo, Kelurahan Sidoharjo, Samigaluh Kulonprogo dengan memberikan tambahan produk pendukung pengairan, pada 25 Juli 2020. Program pengabdian ini merupakan hibah dari Kemenristekdikti tahun 2020.

Ketua PKM sekaligus Dosen Teknik Elektro Unriyo, Evrita Lusiana Utari ST MT mengatakan, di daerah Tanggulangsi Kelurahan Sidoarjo terdapat wisata gardu pandang dan agro wisata petik sayur dipelopori oleh ibu-ibu Dusun Sebo yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Tanggulangsi Mekar’. Dari hasil kegiatan analisa situasi dan sosialisasi kegiatan yang dilakukan tim pada Februari kemarin, diketahui ada satu permasalahan yang masih dihadapi oleh KWT Tanggulangsi yaitu masalah penampungan air yang masih belum memadai.

Menurut Evrita, air yang mengalir di KWT Tanggulangsi Mekar diatur secara bergilir, sehingga membutuhkan penampungan air yang memadai. Sumber airnya berasal dari mata air Dersono Gerbosari yang berjarak 8 km dari lokasi. “KWT Tanggulangsi Mekar butuh penambahan bak penampungan air untuk mendukung kegiatan agro wisata petik sayur. Apalagi di musim kemarau, mereka sangat butuh bak penampungan air tersebut,” terang Evrita kepada KRJOGJA.com, Kamis (30/7/2020). Dalam program pengabdian ini Evrita dibantu Tim PKM Unriyo.

Dijelaskan Evrita, penambahan bak penampung air ini lengkap dengan fasilitas pengairannya. Tujuannya agar KWT terbantu dalam menjaga dan merawat tanaman pertaniannya baik berupa tanaman buah, sayuran maupun bunga. Selain itu KWT Tanggulangsi Mekar yang diketuai Partinah juga punya budidaya lele dan ayam Joper. Dalam instalasi pemasangan produk pengairan, tim PKM dibantu Dukuh Sebo, Sunardi bersama warga masyarakat.

“Hasil dari pertanian ini selain dapat menambah pendapatan masyarakat juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Tanggulangsi yang letaknya tidak jauh dari objek wisata Gardu Pandang Tanggulangsi. Dengan memiliki slogan ‘Iso Nandur Ngopo Tuku’, menjadi penyemangat warga budidaya pertanian dan perikanan. Terbukti KWT Tanggulangsi Mekar menjadi salah satu penyedia sayuran untuk program PKH di Kelurahan Sidoharjo,” pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI