Polandia Tawarkan Beasiswa kepada UJB

YOGYA (KRjogja.com) – Dosen maupun mahasiswa Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta, mendapatkan kesempatan memperoleh beasiswa untuk studi lanjut di Polandia. Disamping itu juga akan ada pertukaran dosen dan mahasiswa antara UJB dengan universitas di Polandia. Kesempatan beasiswa tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kedutaan Besar (Kedubes) Polandia Mr Marciej Duszynki dalam International Cooperation 'The Prospect of Cooperation Among Poland and Indonesia', di Fakultas Hukum UJB Jalan Timoho, Rabu (2/11/2016).

Rektor UJB Ir Cungki Kusdarjito MP PhD yang juga menjadi pembicara menyebutkan acara pagi itu sebagai penjajakan kerjasama antara UJB dengan Pemerintah Polandia. Nantinya akan ada pertukaran dosen dan mahasiswa. Bagi UJB merupakan peluang untuk membuka kerjasama lebih lanjut. Di antaranya, UJB juga akan membuka Pusat Studi Eropa Tengah.

Sementara menurut Ketua Panitia International Cooperation Dr Ishviati J Koenti SH MHum peserta diskusi terbatas lingkungan UJB saja. Menurutnya, dalam bidang pendidikan, Polandia juga mampu membangun kota pendidikan-karya sebagai ekosistem budaya. Krakow adalah kota budaya dunia dengan kekayaan budaya yang luar biasa. Mirip dengan Yogyakarta, Krakow menjadi ekosistem budaya-pendidikan yang menjadi rujukan Eropa dan dunia. Seni pertunjukan, seni halus (fine arts), arsitektur, musik turisme, dan pendidikan menjadi jiwa dari Krakow.

Jagiellonia University adalah salah satu universitas tertua di dunia. Didirikan tahun 1364, sampai sekarang. Universitas ini tetap memberikan sumbangan akademik, riset dan karya ke masyarakat. Nicolaus Copernicus (1473-1543 M) yang menemukan teori 'heliosentris' (matahari adalah pusat mandala), adalah lulusan dan akademisi dari universitas ini. (War)

 

BERITA REKOMENDASI