Polbangtan YoMa Gandeng Cafe

YOGYA, KRjogja.com – Dalam rangka mengembangkan kemampuan mahasiswa berwirausaha, Politeknik Pembangunan Pertanian  (Polbangtan) Yogyakarta Magelang, menggandeng cafe dan warung makan di seputaran D.I.Yogyakarta. Sebanyak 28 cafe, telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Direktur Polbangtan YoMa
 
“Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam berwirausaha, khususnya terkait dengan bidang kuliner atau makanan dan minuman yang berbahan dasar dari produk-produk pertanian”, ungkap Hermawan, dosen mata kuliah Kewirausahaan, belum lama ini.
 
Dengan langkah ini,   mahasiswa akan mengetahui dan bisa praktek untuk pengelolaan cafe, mulai dari persiapan bahan baku, pengolahan makanan dan minuman, penyajian, pengelolaan keuangan sampai dengan kegiatan promosi cafe, imbuh Hermawan. 
 
Sementara itu, Direktur Polbangtan YoMa Dr. Rajiman, menyampaikan Polbangtan YoMa mendukung kegiatan ini, karena mampu memberikan pengalaman yang dibutuhkan mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda di bidang pertanian. 
 
Melalui cafe dan jaringan pemasarannya, produk-produk kewirausahaan mahasiswa dapat ikut dipasarkan. 
Sementara pihak cafe akan dibantu dalam pengembangan usahanya melalui branding menu, promosi baik melalui media cetak maupun elektronik, peningkatan higienitas pengolahan makanan, dan pengembangan profesionalisme sumberdaya manusia di cafe tersebut. 
 
 "Harapannya kerjasama ini akan mampu mengembangkan usaha dikedua belah pihak sehingga akan lebih banyak dan luas jaringan usaha yang terbentuk baik produk-produk mahasiswa maupun cafe-cafe tersebut,"ungkap Rajiman. (*)

BERITA REKOMENDASI