Praktik Lapangan Sistematika Hewan, Keanekaragaman Hayati Masih Sekadar Wacana

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Keanekaragaman hayati selama ini masih menjadi mantra yang sering diperdengarkan. Sementara dalam praktik bahkan di dunia pendidikan masih sekadar wacana untuk menjaga dan melestarikannya.

“Situasi itu berpotensi kepada masalah lain seperti belajar spesies asing karena sumber belajarnya dari buku teks asing, praktik ke lapangan yang justru menambah sampah dan mengurangi populasi hewan endemik, serta permasalahan lainnya,” kata Hendro Kusumo EPM MSc, dosen Pendidikan Biologi (PBio), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Rabu (07/07/2022).

Afnan Saud H selaku Koordinator Asisten Pratikum Sistematika Hewan mengatakan, keprihatinan tersebut menyemangati dosen dan mahasiswa khususnya di Prodi Pendidikan Biologi FKIP-UAD tergerak melaksanakan praktik lapangan dalam kuliah Sistematika Hewan di Pantai Baron dan Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan diikuti 42 mahasiswa (semester 4), Minggu (03/07/2022) melibatkan 5 asisten yang didampingi oleh dosen pengampu Dr Agung Budiantoro MSi dan Hendro Kusumo EPM MSc.

Dijelaskan Afnan Saud, kegiatan yang diangkat dalam praktek lapangan tahun ini yakni keanekaragaman jenis biota pantai yang diambil dari observasi dan wawancara dengan masyarakat lokal dan pelaku usaha. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni koleksi data di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Tahapan kedua yakni kegiatan inti eksplorasi pesisir pantai selatan dengan metode jelajah.

UAD

BERITA REKOMENDASI