Prodi S2 PSDK UGM Inisiasi Semnas Reintegrasi TKI

SLEMAN, KRJOGJA.com – Di Ruangan Seminar Pascasarja FISIPOL UNiversitas Gadjah Mada, Prodi Pascasarjana PSdK menginisiasi serial diskusi Social Development Talks dengan tema Seminar Nasional Kebijakan reintegrasi dan Gerakan Pemberdayaan TKI Purna. Seminar ini menundang praktisi ahli dari pemerintah, stakeholder lain dan akademisi yang menggeluti dinamika perkembangan migrasi tenaga kerja di Indonesia.

Hadir sebagai pembicara pertama AB. Rokhman Kepala BP3TKI DIY yang telah memaparkan skema kebijakan dan program pemerintah dalam upaya reintegrasi TKI. Dalam diskusi ini diulas mendalam ragam kebijakan dan program, serta kelemahan dan kendala yang selama ini dialami dalam implementasi. 

Menurut AB Rohman dalam rangka pemperkaya pemahaman gerakan pemberdayaan TKI Purna, Prodi Pascasarjana PSdK turut mengundang Maizidah Salas, inisiator Kampung Buruh Migran Wonosobo yang juga sempat merasakan hidup sebagai TKI di beberapa negara. Berbekal pengalaman pengorganisasian TKI Purna dalam skema pemberdayaan lokal di Wonosobo, pembicara kedua ini mengulas pengalaman dalam mengawal ragam advokasi isu buruh migran dan pengembangan masyarakat yang melibatkan TKI Purna untuk mempersiapkan instuitusi ekonomi lokal di Desa Tracap Kabupaten Wonosobo. 

Suzanna Eddyono, Dosen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan yang saat ini tengah menempuh pendidikan doktor di University of Pittsburgh, ikut hadir sebagai pembicara ketiga. Ia menjabarkan sekaligus mendiseminasikan hasil-hasil riset dan kajian-kajian akedemik tentang fenomena migrasi tenaga kerja dan upaya pemberdayaan dalam upaya reintegrasi TKI di beberapa tempat. (*) 

UGM

BERITA REKOMENDASI