Prof Abid Khan Beri Kuliah Umum di UGM

SLEMAN (KRjogja.com) – Deputy Vice-Chancellor dan Vice-President Monash University Australia, Prof. Abid Khan,  memberikan kuliah umum di hadapan civitas academica UGM, Kamis (22/09/2016) di Balai Senat UGM. Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu bentuk kerja sama yang terjalin antara UGM dengan Monash University.

“Monash University telah berkembang pesat dalam proses internasionalisasi dan dalam keterlibatan secara global. Karena itu kami ingin belajar bagaimana Monash dapat mencapai hal ini. Saya harap kuliah umum ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” ujar Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Paripurna Suganda, S.H., M.Hum.

Dalam kuliah umum bertajuk Inspiring Innovation: The Monash Experience ini, Prof. Abid Khan membagikan pengalaman Monash University dalam menghadapi tantangan globalisasi dan internasionalisasi perguruan tinggi. Meski menjadi universitas terbesar di Australia dengan sekitar 70.000 mahasiswa dari 140 negara di dunia, ia mengakui bahwa internasionalisasi membawa tantangan tersendiri bagi universitasnya.

“Transisi dalam internasionalisasi sangat penting mengingat perubahan yang kita temui di tingkat global. Kami juga banyak belajar dari pengalaman perguruan tinggi di negara-negara lain, termasuk di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Prof Abid perubahan ini di antaranya tampak pada semakin meningkatnya kompleksitas dari permasalahan global yang menuntut munculnya solusi yang inovatif, serta semakin meluasnya peran yang harus dijalankan oleh perguruan tinggi.

“Terkait hal ini, strategi kami bertumpu pada 5 pilar, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pelatihan riset, membentuk tim interdisipliner, membangun infrastruktur kelas dunia, serta menerjemahkan riset agar memiliki dampak nyata,” jelasnya. (*)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI