Prof. Chusnul Hidayat: Proses Pengolahan Harus Diketahui Prosesnya

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Chusnul Hidayat mengatakan, sebuah proses pengolahan, harus tetap diketahui proses di dalamnya.

Pengolahan, katanya dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Selasa (22/3/2022) di kampus setempat  tidak boleh disederhanakan hanya sebagai sebuah proses dalam kotak hitam.

“Hanya bahan masuk dan produk keluar, sedangkan perubahan komponen yang terjadi dalam kotak hitam tidak dapat diikuti atau dipahami dengan jelas,” katanya.

Menurut Prof. Chusnul kualitas produk akhir sangat ditentukan oleh perubahan komponen selama proses.

Dikatakan jika proses itu tidak dapat diketahui, yang menjadi akibatnya selanjutnya adalah proses tidak dapat dikontrol secara optimal. “Seorang ahli rekayasa proses pengolahan, tidak boleh hanya mengutamakan hasil akhir saja, tetapi harus mengutamakan proses,” ujarnya.

Dimisalkan pada proses pengeringan daun teh. Jika hanya berorientasi pada produk akhir bahwa kadar air harus 8 persen, katanya, maka pengeringan dilakukan pada suhu tinggi dan waktu cepat.

“Yang penting kadar air 8 persen cepat tercapai. Namun jika itu dilakukan akibatnya adalah  diperoleh produk dengan kualitas aroma rendah,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI