Prof Kusmiyati Guru Besar UMS

SOLO, KRJOGJA.com – Prof Kusmiyati PhD mengatakan Indonesia seharusnya segera beralih ke sumber energi alternatif biofuel yang didukung kekayaan sumber daya hayati dengan potensi sangat besar. 

"Saat ini sudah dalam kondisi krisis energi berbahan baku fosil, menyusul semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, pertumbuhan industri dan populasi penduduk," ungkap Prof Kusmiyati usai dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta di gedung Muh. Djazman kampus Pabelan, Sabtu (05/05/2018). 

Menurutnya,  penggunaan biofuel, merupakan salah satu kebijakan yang dapat menjawab tantangan akibat ketergantungan bahan bakar minyak bumi yang berlebihan. Penelitian terhadap sumber daya hayati masih harus terus dilakukan untuk mendapatkan biofuel dengan harga ekonomis.

Harga BBM saat ini yang disubsidi pemerintah lebih murah dibanding harga biofuel yang tidak ada subsidi. Namun dengan harga minyak bumi yang semakin tinggi dan pernah mencapai 140 USD per barel pada tahun 2008, maka komersialisasi biofuel generasi kedua akan lebih menguntungkan dibanding bahan bakar minyak. (Qom)

BERITA REKOMENDASI