Prof M Nurcholis Jadi Gubes Ilmu Tanah UPN Veteran Yogyakarta

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Prof Dr I Mohammad Nurcholis M Agr dikukuhkan menjadi Guru Besar (Gubes) UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Pengukuhan berlangsung di Auditorium kampus setempat, Jumat (17/12/2021).

Saat ini di UPNVYK memiliki 12 gubes. Dan Prof M Nurcholis menjadi yang pertama setelah UPNVYK beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pengangkatan melalui proses baru yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Proses pengukuhan lalui mekanisme baru setelah satu dekade UPNVYK mengalami kevakuman dalam kenaikan jabatan guru besar. Dan Prof M Nurcholis menjadi satu dari 10 gubes yang sampai saat ini masih aktif di kampus,” kata Rektor UPNVYK M Irhas Effendi.

Dalam kesempatan tersebut Prof M Nurcholis juga membacakan orasi ilmiah dengan judul ‘Sumbangan Difraksi Sinar X dalam Memahami Sifat Mineralogi Tanah dan Batuan’.

Prof M Nurcholis lahir di Semarang 30 Mei 1963, merupakan alumni S1 Departemen Ilmu Tanah UGM. Gelar Magister diperoleh ayah dua anak ini di University of the Ryukyus Japan dan United Graduate School Kagoshima University Japan untuk jenjang S3. (Awh)

BERITA REKOMENDASI