Prof Sutrisna Wibawa Ingin Jadikan UNY Kampus Kelas Dunia

YOGYA (KRjogja.com) – Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd menjadi rektor terpilih Universitas Negeri Yogyakarta periode 2017-2021, dalam pemilihan rektor di Ruang Rektorat UNY, Kamis (29/12/2016). Acara dipimpin Ketua Senat UNY Prof Zamzani MPd dan dihadiri Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA.

Dalam pemilihan, Sutrisna Wibawa mengungguli calon lain dengan berhasil mengantongi 77 suara, yakni Dr Haryanto (18 suara) dan Prof Dr Djoko Pekik Irianto MKes (34 suara). Total suara senat UNY ada 85, namun ada salah satu anggota senat tidak hadir karena sedang umrah.

Zamzani menjelaskan, total suara dalam Pilrek UNY seharusnya ada 130 suara, sudah termasuk surat suara dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang diwakili oleh Sekjen Kemnristek Dikti Prof Ainun Naim PhD. Namun karena ada satu anggota yang tidak hadir, sehingga menjadi 129 suara.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY Dr Muh Farozin MPd mengatakan, hasil pemilihan bakal dikirimkan ke Kantor Kemenristekdikti pada 3 Januari 2017 supaya dapat segera diproses, sehingga pelantikan rektor bisa dilakukan pada 22 Maret 2017, mengingat masa jabatan rektor habis pada tanggal tersebut.

Seusai pemilihan, Sutrisna Wibawa berjanji bakal membawa UNY sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan berkelas dunia. Apalagi, tantangan pendidikan tinggi yang kompleks, sehingga pembenahan sumber daya manusia menjadi program penting kepemimpinannya.

Sutrisna Wibawa yang saat ini tercatat sebagai Sekretaris Dirjen Belmawa Kemnristekdikti, itu menargetkan UNY pada 2019 bisa masuk dalam kampus yang berkelas di lingkup ASEAN. Sedangkan pada tahun 2021 UNY diproyeksikan masuk dalam peringkat 1.000 dunia. (R-3)

 

UNY

BERITA REKOMENDASI