Profesor Muhammad Japar Guru Besar UM Magelang

MAGELANG, KRJogja.com – Prof Dr Muhammad Japar MSi Kons dikukuhkan menjadi guru besar Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) oleh Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT di ruang aula Kampus 1 UM Magelang, Sabtu (7/10/2017). Ini merupakan guru besar pertama di UM Magelang. 

Di forum ini Prof Dr Muhammad Japar MSi Kons juga menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul 'Penemuan dan Pengembangan Spriritualitas di Tempat Kerja Sebagai Salah Satu Usaha Mewujudkan Visi UM Magelang ; Unggul dan Islami'.

Dalam pidatonya, diantaranya dikatakan spriritual merupakan potensi yang dimiliki setiap orang untuk menemukan makna dan tujuan hidup, kemampuan seseorang untuk hidup berarti dan merasakan kehadiran Tuhan. Spriritualitas letaknya agak tersembunyi, sehingga tidak semua orang dapat menemukan dan mengembangkan makna dan tujuan hidup.

"Perlu usaha untuk menemukan jalan (pintas) menuju kebermaknaan hidup. Spiritualitas setidak-tidaknya mencakup makna bagi diri sendiri, bagi orang lain, bagi alam atau lingkungan, dan yang tertinggi adalah makna bagi Tuhan," katanya.

Karena itu,  dosen dan staf UM Magelang dapat didorong untuk menemukan dan mengembangkan spiritualitasnya, terutama di tempat kerja. Spiritualitas dosen dan staf menentukan kualitas pengabdian pada institusi, khususnya, dan kualitas hidup pada umumnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI