Program Kampus Mengajar #2, Dosen UAA Lolos Seleksi DPL

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di 3.400 Sekolah Dasar dan 375 Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia dan membantu peningkatan literasi dan numerasi di sekolah tersebut.

Pada tahun 2021, An-Nisa Apriani, M. Pd. Dosen dari Universitas Alma Ata lolos seleksi DPL Kampus Mengajar Angkatan 2021 dan ditempatkan di SDN Donoharjo Sleman. Pelaksanaan kampus mengajar di SD Donoharjo berlangsung dari bulan Agustus hingga bulan Desember 2021. DPL bertugas memberikan bimbingan dan pendampingan mahasiswa dalam kegiatan koordinasi dengan pihak dinas pendidikan kabupaten Sleman, koordinasi dengan pihak sekolah, penyusunan program, sharing sesion setiap 2 minggu sekali, dan pendampingan pelaksanaan program yang mencakup literasi, numerasi, dan administrasi.

Pelepasan mahasiswa kampus mengajar ke pihak SDN Donoharjo dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2021 dan diterima baik oleh pihak sekolah serta diterima oleh Sukardi, S.Pd selaku kepala sekolah. Adapun mahasiswa yang melakukan kegiatan kampus mengajar di SD N Donoharjo berjumlah 6 mahasiswa yaitu: Langgeng Tri Sanjaya dari Universitas Islam Indonesia (UII), Sivani Rahma Hawari dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Naila Rifah dari Universitas Islam Indonesia (UII), Styaning Dyah Dwiastuti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Ayu Winda Rizky dari Universitas Islam Indonesia (UII), dan Vira Prajna Cantika dari Universitas Islam Indonesia (UII).

Mahasiswa secara sinergi melaksanakan program kampus mengajar dengan penuh semangat, antusias dan kerja sama yang tinggi sehingga memberikan manfaat besar bagi pihak sekolah. Bahkan saat kegiatan Monev oleh pihak LPMP Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan kampus mengajar di SD N Donoharjo memberikan dampak yang positif bagia kemajuan sekolah dengan program-program unggulan yang dilaksanakan mahasiswa.

“Program unggulan kampus mengajar angkatan 2 di SDN Donoharjo mencakup program sosialisasi akun belajar ID dan google classroom, pelaksanaan pembelajaran tematik secara luring, adminitrasi perpustakaan, penanaman pendidikan karakter/nilai-nilai pancasila, program numerasi dan literasi, pelaksanaan program science fun untuk kelas rendah dan program school adventure untuk kelas tinggi, dan program unggulan yang lain,” ujar An-Nisa Apriani, M. Pd. (*)

 

BERITA REKOMENDASI