PSM UAJY Borong Medali di Rusia

SOCHI (KRjogja.com) – Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UKM PSM UAJY) berhasil meraih 2 medali emas dan 1 medali perak dalam ajang World Choir Games 2016 di Sochi, Rusia, yang tahap pertamanya berlangsung 6-9 Juli 2016 lalu.

Awarding Ceremonies atau Pembagian Penghargaan diberikan Minggu siang mulai pukul 09.30 waktu Rusia, berlokasi di Bolshoy Ice Dome. World Choir Games (WCG) merupakan ajang bergengsi untuk kompetisi kelompok paduan suara di seluruh dunia, yang diselenggarakan oleh Interkultur sejak tahun 2000. Kompetisi dua tahunan ini terinspirasi oleh olimpiade olah raga kemudian dikembangkan sebagai kompetisi paduan suara. Penyelenggaraan WCG ke-sembilan tahun 2016 ini menjadi menarik karena dilaksanakan di area Olympic Park, Sochi, Rusia. WCG 2016 diikuti oleh 283 tim dari 76 negara, salah satunya PSM UAJY. Perwakilan Interkultur Indonesia menyampaikan, “Dari Indonesia ada empat tim. Selain PSM UAJY dari Yogyakarta, ada dua dari Makasar dan satu dari Papua.” Jadi PSM UAJY satu-satunya wakil dari Yogyakarta dan Pulau Jawa.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori besar yaitu Open Competition yang bisa diikuti oleh siapa saja yang lolos seleksi dari panitia dan Championship Competition khusus untuk kelompok paduan suara yang sudah menjuarai kompetisi internasional.

"PSM UAJY mendapat invitasi untuk mengikuti Championship Competition karena telah menjadi pemenang dengan nilai tertinggi dan meraih 2 medali emas di ajang the 2nd Vietnam International Choir Competition tahun 2012. Juga di tahun 2013, PSM UAJY memenangkan medali emas dan perak serta berbagai penghargaan di ajang “Sing ‘N Joy” Manila 2013 Phillipines International Choir Competition. Serta di tahun 2014, PSM UAJY meraih medali emas dalam Asian Arts Festival 2014 “Breaking Boundaries” di Singapore,” jelas Andreas Nugraha, manager tim PSM WCG 2016.

Alfredo Wujon, Ketua UKM PSM UAJY, mengaku sangat bangga dengan keberhasilan ini, “Keikutsertaan PSM UAJY dalam WCG 2016 adalah impian kami sejak lama, terutama sejak mulai memenangkan kompetisi internasional. (*)

 

BERITA REKOMENDASI