PSM UGM Adakan Lustrum Nawagita

SLEMAN (KRjogja.com) – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UGM mengadakan konser lustrum Nawagita, Jumat (09/09/2016) lalu di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo, Magister Manajemen UGM dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke-45. Mengusung tema 'Dongeng Cinta Tanah Air', konser ini melibatkan seluruh elemen PSM UGM dari angkatan pertama tahun 1971 hingga angkatan ke-45.

Tidak hanya sebagai bentuk perayaan ulang tahun, Lustrum PSM UGM 45 Tahun juga menjadi momentum resmi dikukuhkannya Keluarga Alumni PSM UGM, Adiswara Gadjah Mada, sebagai salah satu KAGAMA KOMUNITAS oleh Pengurus Pusat KAGAMA.

"Hal ini berarti kebersamaan selama di Gelanggang Mahasiswa kala itu terus akan berlanjut tanpa batas jarak dan waktu, serta usia, angkatan, dan program studi. Hanya pembagian suara Sopran-Alto-Tenor-Bass yang memisahkan kami, itupun demi terciptanya harmoni lagu yang indah” ungkap Ketua Umum Adiswara Kusuma Prabandari melalui keterangan persnya.

Konser Nawagita diawali dengan tarian yang mengantarkan seluruh penyanyi menuju ke atas panggung untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh tamu undangan yang sudah hadir, yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari keluarga Paduan Suara Mahasiswa UGM.

Penampilan pertama dihadirkan oleh alumni PSM UGM angkatan 1980an yang membawakan tiga buah lagu, yaitu Beramai-Ramai Ke Laut, Gendhing Sriwijaya dan Nyiur Hijau. Busana perpaduan warna merah dan putih yang melambangkan Indonesia dan balutan kebaya dan batik yang dipakai menjadikan panggung Konser Nawagita terlihat meriah dengan nuansa nusantara.

Panggung untuk penampilan kedua dipenuhi oleh alumni PSM UGM angkatan tahun 1990an.  Membawakan enam buah lagu, yaitu Warisan I, Tanah Airku, Pagi Bening, Pelangi, Mande-Mande dan Cik-Cik Periuk, para penyanyi mengenakan variasi busana yang menjadi simbol dari para pejuang wanita dan pria pada zaman dahulu.

Penampilan terakhir dalam konser ini dipersembahkan oleh tim lomba Rimini yang akan berangkat ke Italia pada tanggal 18-28 September 2016 dengan membawakan tiga buah lagu, yaitu Ugo-Ugo, Benggong dan Gundhul-Gundhul Pacul. (*)

BERITA REKOMENDASI