Publikasikan Hasil Pengabdian Masyarakat, LP3M UMY Gandeng KRjogja.com

BANTUL, KRJOGJA.com – Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan terobosan dengan menggandeng KRjogja.com dalam hal publikasi hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kepala LP3M UMY, Gatot Supangkat dengan Pemimpin Redaksi KRjogja.com, Agung Purwandono di Kampus UMY, Kamis (13/2/2020).

“Banyak hal yang dilakukan dosen dalam rangkaian pemberdayaan masyarakat di mana masyarakat juga mendapat manfaat yang besar dalam kegiatan tersebut. Peran media massa dalam menyebarluaskan informasi di sini sangat penting. Kami menyambut baik kerja sama ini,” ujar Gatot.

Kerja sama dengan media ini salah satunya untuk mempertahankan kinerja pengabdian masyarakat UMY yang kini masuk kluster unggul.

Gatot Supangkat mengatakan LP3M UMY membutuhkan partner dengan media massa terpercaya dalam mempublikasikan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen. Dengan ada publikasi di media ini, pengabdian dan juga pemberdayaan masyarakat yang dilakukan bisa diketahui masyarakat luas.

Lebih lanjut dikatakan Gatot Supangkat, kerja sama dengan media ini diharapkan bisa mempertahankan kinerja pengabdian masyarakat UMY yang saat ini masuk pada kluster unggul. Salah satu indikator dalam kluster ini yakni tercapainya luaran wajib yaitu berupa publikasi media massa.

”Tentu saja kerja sama ini juga untuk meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat oleh dosen dan sekaligus sebagai sarana promosi dalam membangun reputasi positif UMY karena seluruh pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen akan dipublikasikan melalui media ini,” ungkap Gatot.

Ada dua media di Yogyakarta yang menjalin kerja sama yakni KRjogja.com dan Harianjogja.com. Penandatanganan kerja sama disaksikan oleh Kadiv Pengabdian Masyarakat, Adhianty Nurjanah dan Kadiv Pengabdian Mahasiswa Aris Slamet Widodo.

Pemimpin Redaksi KRjogja.com Agung Purwandono mengatakan selama ini informasi tentang hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi banyak berhenti di tingkat internal. Melalui kerjasama dengan media, maka banyak kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa maupun dosen dalam pengabdian masyarakat akan banyak diketahui.

“LP3M UMY membuat terobosan karena kerjasama ini memungkinkan ratusan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan akan lebih banyak diketahui oleh publik melalui media terpercaya,” kata Agung Purwandono. (*)

BERITA TERKAIT