Rektor Perankan Sultan Agung, Maba Unissula Tonton Ketoprak

SEMARANG,KRJOGJA.com- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tahun ini memberi kado spesial bagi sekitar 4.000 mahasiswa baru 2018. Berupa pementasan ketoprak Drama Tiga Babak “Sultan Agung Sang Pejuang” yang dimainkan para dosen termasuk Rektor Ir Prabowo Setiyawan MT PhD yang tampil sebagai Raja Sultan Agung (peran utama).

Pemantasan kerjasama Unissula dengan Teater Lingkar Semarang di auditorium kampus Kaligawe Sabtu malam (08/09/2018) berjalan meriah. Pak Rektor sebagai tokoh utama Sultan Agung berdialog dengan para bawahannya serta istrinya lewat bahasa yang piawai dan kocak sehingga membuat para mahasiswa baru betah menontonnya. Panggung pementasan tambah semarak saat di sela sela cerita, ditampilkan dua artis ibukota Puja Syarma dan Hadi El Rasheed.

Hadir dalam acara pentas ketoprak di antaranya Ketua MUI Jateng yang juga Ketua Dewan Pengawas Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) KH Ahmad Daroji, pengurus YBWSA Tjuk Subchan, dan para tamu undangan. Rektor bersama para dekan dan dosen di lingkungan Unissula bermain ketoprak yang mengangkat cerita kepahlawanan tokoh besar kharismatik Raja Sultan Agung yang namanya diabadikan untuk nama sebuah universitas besar di ibukota Jateng ini.

“Kita tidak boleh lupa dengan budaya luhur yang diajarkan para pendahulu kita, termasuk pakaian adatnya serta nilai nilai perjuangan dan keteladanan para tokoh besar, termasuk Sultan Agung. Beliau berperan sebagai raja, khalifah, dan pemimpin yang sangat bijaksana namun tetap tegas serta tidak pernah berhenti melawan angkara murka penjajah Belanda” ujar Rektor sesaat sebelum pementasan dimulai.

Pementasan ketoprak tersebut khusus ditampilkan untuk menyambut mahasiswa baru tahun 2018 ini pun berakhir dengan sukses. Unissula pun bermaksud mengangendakan pementasan seni tradisi sebagai agenda rutin tahunan sebagai “piwulang” bagi generasi muda akan budaya adiluhung dan kepahlawanan para raja dan pejuang di masa lalu. (sgi)

BERITA REKOMENDASI