Rektor UMS Peroleh Gelar Guru Besar

SOLO, KRJOGJA.com – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dr Sofyan Anif MSi meraih gelar guru besar bidang Manajemen Pendidikan. Pengukuhan Prof Sofyan Anif secara khusus akan dilakukan Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD, Dirjen Sumber Daya Ipteks dan Dikti Kemenristekdikti di auditorium HM Djazman, Kamis (8/8/2019). 

Dr Sofyan Anif adalah guru besar ke 25. Ia dikukuhkan disaat UMS tengah melakukan percepatan dalam memperbanyak guru besar. Setidaknya ada sekitar 65 dosen yang sudah saatnya diusulkan menjadi Guru Besar. Sembilan diantatanya diharapkan bisa rampung tahun ini. "Surat Keputusan Guru Besar saya per 1 Juli," jelas Prof Sofyan Anif, Rabu (7/8/2019).

Prof Sofyan Anif menyampaikan orasi yang berjudul Pengembamgan Sumber Daya Pendidiik berbasis Continuos Profesional Development (CPD) pada era disrupsi. Ia akan banyak mengungkapkan yang terkait tentang kekurangan pada dunia pendidikan di tanah air. Salah satunya menyangkut soal SDM guru.

"Kami melihat kompetensi guru masih belum optimal," katanya. 
Padahal kita dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat. Sementara masalah kurikulum juga ada kekurangan. Begitu pun yang terkait dengan anggaran pendidikan.

Pengukuhan Prof Sofyan Anif akan dihadiri sejawat guru besar dari perguruan tinggi lain, disamping mantan rektor UMS dan jajaran pengurus PP Muhammadiyah.(Qom)

BERITA REKOMENDASI