Rektor UPN Veteran Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Manajemen

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, M Irhas Effendy dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rabu (30/3/2022). Irhas dikukuhkan menyadang gelar Profesor dalam Sidang Senat Terbuka di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta.

Dalam orasi ilmiah yang disampaikan, Irhas membahas tentang manajemen strategi yang akhir-akhir ini sangat populer secara teori, praktik maupun riset di Indonesia. Terlebih menurut Irhas setelah muncul UU nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, muncul berbagai istilah seperti strategi visi misi, tujuan, SWOT juga Restra.

Evolusi manajemen strategi menjadi sorotan dalam orasi yang disampaikan Rektor UPN Veteran Yogyakarta ini. Perubahan strategi dari internal, eksternal dan kembali ke internal sangat menarik untuk dibahas termasuk saat ini di mana dunia dihadapkan dengan masifnya teknologi digital.

“Indonesia sebenarnya bisa maksimal dengan perkembangan yang terjadi, di mana kita punya sumber daya, kreativitas dan yang terpenting adalah pemersatu, kita punya Pancasila. Kalau pemersatu ini tidak ada, mungkin kita akan tercerai berai seperti yang sudah terjadi di beberapa negara dunia, salah satunya Uni Soviet,” ungkap Irhas pada wartawan usai dikukuhkan.

 

Irhas lahir di Sleman, 19 Desember 1962, mengeyam pendidikan dasar di SD Muhammadiyah Klepu, pada 1974 lalu ke SMPN 1 Yogyakarta pada 1977. Ia menghabiskan masa SMA di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta selama tiga tahun hingga lulus pada 1981.

Irhas lantas menempuh program Sarjana (S1) pada 1983 di UPN Veteran Yogyakarta. Setelah lulus lalu menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada 1988 sekaligus menjadi Kasi Penelitian dan Pengembangan Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta dan Kepala Laboratorium Jurusan Akuntansi di fakultas tersebut.

Irhas menempuh Magister (S2) di Ilmu Manajemen di Unair Surabaya pada 1994. Lulus 1996, Irhas kembali melanjutkan program Doktoral (S3) pada 1997 sampai 2001, dia lulus dengan predikat Cumlaude.

Irhas menjadi rektor UPN Veteran Yogyakarta sejak tahun 2018 sampai sekarang. Ia pun kini berhak menyandang gelar Profesor setelah dikukuhkan sebagai guru besar bidang Manajemen Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI