Revitalisasi Seni Nini Thowong

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai upaya meningkatkan Pendapatan kelompok seni diangkat soal Revitalisasi Kesenian Nini Thowong di Desa Panjangrejo. Materi tersebut dihadirkan secara terbuka untuk umum lewat ruang virtual Google Meet, Sabtu (12/09/2020).

Danang Sukandar MPd, Kabid Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa UAD mengatakan, soal Nini Thowong dijadikan Program Kreativitas Mahasiswa skema Teknologi (PKM-T) disusun oleh Ayu Tipa Uswatun, Akas Feby Saputra, Citra Putri Wijaya dan Fadil Akbar dibimbing Fitri Merawati, SPd MA, dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UAD.

“Program itu berhasil lolos didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Belmawa Kemdikbud),” ujarnya.

Dijelaskan, program ini berawal dari keresahan terhadap kesenian Nini Thowong yang kurang dikenal masyarakat. Ayu Topa dan tim memutuskan untuk mengangkat seni tersebut sebagai sasaran penulisan karya ilmiah. Pada program pelaksanaannya di tengah pandemi yang kian hari makin mengkhawatirkan, tim PKM-T UAD menggelar talkshow secara daring dengan mengangkat tema ‘Peran Digital bagi Pegiat Seni di Masa Pandemi’. Ditambahkan Danang, acara ini menghadirkan salah satu pegiat seni di Yogyakarta sekaligus menjadi mitra PKM yaitu Agus Widarto, Ketua Kelompok Kesenian Nini Thowong ‘Sabdo Budoyo’ Panjangrejo, Pundong, Bantul dan Sumarjo, salah satu anggota dari kelompok seni tersebut.(Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI