S1 Keperawatan dan Profesi Ners Unimus Raih Akreditasi A, Begini Harapan di Masa Depan

SEMARANG,KRJOGJA.com –  Program studi S1 Keperawatan dan Prodi Pendidikan Profesi Keperawatan (Profesi Ners) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menerima SK Akreditasi LAM PTKes BAN PT dengan nilai Unggul (A).

Kaprodi  Profesi Ners Ns Heryanto Adi Nugroho SKp M.Kep SpKom MCH, Sekprodi S1 Keperawatan Ns Machmudah MKep SpKep Mat dan Sekprodi Profesi Ners Ns Maryam SKep MKep SpAn kepada pers di kampus setempat Rabu (11/3/2020) menyatakan pada SK Akreditasi yang dikeluarkan 28 Februari 2020 lalu ini S1 Keperawatan memperoleh A dengan poin nilai 367 dan Profesi Ners memperoleh A dengan nilai 369. Perolehan ini menjadikan Keperwatan Unimus satu-satunya prodi keperawatan PTS di Kota Semarang yang meraih A serta kedua di PTS Jateng.

“Saat ini di Fikkes kita memiliki 6 prodi dengan akreditasi A yaitu D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, D3 Analis Kesehatan,  D4 Analis Kesehatan, D3 Gizi dan Profesi Keperawatan (Ners). Kami berharap dan mentargetkan S1 Ilmu Gizi dan S1 Teknologi Pangan segera mendapatkan akreditasi A juga sehingga nantinya Fikkes Unimus “menyumbang” 8 Prodi dengan akreditasi A” ujar Heryanto Adi Nugroho.

Lebih lanjut menurutnya, akreditasi kali ini merupakan re-akreditasi sebelum masa berlaku akreditasi habis dari akreditasi tahun 2015 lalu dengan nilai B yang hampir A.  Harapannya, akreditasi A bisa memacu atau amanah untuk terus meningkatkan profesi bidang pendidikan profesi Ners sehingga berani bersaing di tingkat Asia sesuai visi misi Keperawatan Unimus yang unggul di bidang keperawatan kegawat daruratan, berteknologi tinggi, berkarakter, berwawasan dan berani bersaing di tingkat Asia.

Sementara itu pula  Ns Machmudah MKep SpKep Mat dan Ns Maryam SKep MKep SpAn menyatakan saat ini Unimus memiliki 24 prodi dengan 6 prodi akreditasi A. Unimus berusaha meraih akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) dengan nilai A (unggul) dengan salah satu syarat Unimus memiliki minimal 8 prodi dengan nilai akreditasi A. Diharapkan prodi S1 Gizi dan S1 Teknologi Pangan (Fikkes) memperoleh nilai A sehingga minimal Unimus memiliki 8 prodi akreditasi A. Ditambah keinginan akreditasi A untuk sejumlah prodi di luar Fikkes. (sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI