S3 Terapan Bidang Cyber Physical System Janjikan Masa Depan

Sementara itu, Instructor Technology Trakindo Tembagapura, Fajar Nur Hendri Winarko menjelaskan tentang teknologi Minegem atau Cat. Minegem merupakan teknologi otomasi yang membuat operator dapat mengontrol alat berat dari jarak jauh yang saat ini banyak diimplementasikan di pertambangan bawah tanah, sehingga penggunaannya lebih aman dan meningkatkan produktivitas.

Selain berbicara mengenai teknologi Cat Minestar, Fajar juga bercerita mengenai pengalamannya, serta kisah serunya bekerja di pertambangan. Pada acara ini, Trakindo berbagi kebutuhan hingga keahlian yang diperlukan mahasiswa dan cara menghadapi tantangan di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Paparan mengenai hal ini diharap mampu mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman dan menambah wawasan sebelum terjun ke dunia kerja.

Revolusi Industri 4.0 merupakan fase lanjutan dari Revolusi Industri 3.0 yang ditandai dengan pemanfaatan elektronik dan teknologi informasi. Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara bidang fisik, digital, dan biologis.

Menurut World Economic Forum, yang membuat Revolusi Industri bukan sekadar bagian dari 3.0 adalah kecepatannya yang luar biasa, ruang lingkup sektor yang terdisrupsi sangat luas, dan dampaknya kepada seluruh sistem produksi, manajemen, dan tata kelola.(Ati)

BERITA REKOMENDASI