Santri Mardhotullah Al Islamy, Bukan Sembarang Santri

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Program KSTM (Kelompok Santri Tani Milenial) dari Kementerian Pertanian, dimanfaatkan oleh banyak pondok pesantren.
Salah satunya bagi Santri Ponpes Mardhotullah Al Islamy, yang membuat santrinya menjadi bukan sembarang santri.

Pasalnya, selain belajar mengenai ilmu agama, Ponpes Mardhotullah Al Islamy yang beralamatkan di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul tergabung dalam KSTM. Selain fokus pada ilmu agama, melalui Program KSTM ini, para santri dibekali keterampilan life skill. Para santri dibekali ilmu dalam budidaya ayam.

Ketika diwawancarai oleh petugas dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang. Belum lama ini,  salah satu santri  mengungkapkan, dirinya sangat senang mendapatkan bantuan program melalui KSTM ini. Dengan program ini selain menambah keterampilan bagi para santri, hasil panen budidaya ayam yang dilakukan juga dapat memperbaiki ekonomi pondok pesantren.

Saat ini, ayam yang dibudidayakan oleh para santri adalah ayam petelur. Karena menurut mereka ayam petelur lebih menguntungkan. Harga telur di pasaran relatif stabil, dan untuk pembudidayaannya lebih mudah.

“Selain budidaya ayam, kami juga membuat tim ekonomi pondok, yang rencananya akan menambah usaha di bidang budidaya lele untuk membantu ekonomi pondok” ujar Imam, salah satu santri pondok.(*)

 

BERITA REKOMENDASI