Sarjana Ekonomi Berperan Berdayakan UMKM

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengungkapkan bahwa sarjana ekonomi harus mampu membangun daerah. Dalam hal ini keberadaan Ikatan Sarjana Ekonomi (ISEI) diharapkan mendorong peningkatan keunggulan inovasi di bidang ekonomi.

Nasir menyebut ISEI akan memberdayakan ekonomi di daerah melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, upaya tersebut harus disertai pengembangan teknologi sehingga memiliki nilai tambah.

"Bagaimana ISEI ini bisa men-develop ekonomi kita menjadi lebih baik," tutur Nasir, seperti siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (25/12/2016).

Berdasarkan data yang diperoleh, kata Nasir, nilai usaha kecil di Indonesia masih sangat rendah yakni sekira 2,5% dari total penduduk. Dari jumlah tersebut, hanya 0,67% yang berbasis teknologi.

"Daerah yang sudah bagus ekonomi mikronya agar membantu mengembangkan daerah atau tempat lain. ISEI agar bisa berkontribusi pada pembangunan ekonomi supaya makin baik dan maju," pesannya.

Saat ini index competitive global (daya saing) Indonesia mengalami penurunan yaitu dari posisi ke-41 dari 138 negara. Di sisi lain, Indonesia sedang menuju era ekonomi baru yang ditandai dengan persaingan bebas, cepatnya aliran informasi, meningkatnya kompleksitas bisnis, dan globalisasi.

"Kita dihadapkan untuk mengembangkan tidak saja potensi keunggulan sumber daya alam namun juga keunggulan daya saing yang kita miliki, khususnya faktor manusia," pungkas mantan rektor terpilih Universitas Dipenogoro (Undip) itu. (*)

BERITA REKOMENDASI