Sawitkita, Aplikasi Karya Instiper Bantu Petani Kelapa Sawit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta bekerjasama dengan Yayasan Kehati melalui program Strengthening Palm Oil Sustainability in Indonesia (SPOS) mengembangkan platform edukasi digital bagi petani kelapa sawit di Indonesia yang diberinama Sawitkita. Aplikasi tersebut resmi diluncurkan secara daring, Rabu (7/7/2021) dan dapat diunduh gratis melalui aplikasi berbasis Android.

Dr. Ir. Purwadi, MS, koordinator tim Sawitkita mengungkap platform digital Sawitkita merupakan jawaban atas tantangan keterbatasan jangkauan metode penyuluhan konvensional sekaligus upaya menangkap peluang di era internet saat ini. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi saat ini, adanya pembatasan sosial mengakibatkan komunikasi tatap muka sangat dibatasi.

“Melalui aplikasi ini memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan secara terus menerus tanpa dibatasi tempat dan waktu. Aplikasi SAWITKITA yang merupakan hasil kerjasama Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta dan Yayasan Kehati merupakan bentuk upaya penguatan keberlanjutan usahatani kelapa sawit. Dalam pembangunannya, tim pengembang melibatkan praktisi dan pakar serta para petani. Kelompok petani dari berbagai wilayah Indonesia antara lain berasal dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat turut dilibatkan dalam pembangunan platform digital ini. Aplikasi ini juga bersifat partisipatif yang memungkinkan pengguna untuk berkontribusi dalam menambah informasi yang termuat dalam platform,” ungkap Purwadi.

BERITA REKOMENDASI