Sebuah Terobosan Inovasi Baru, PANUTAN UT Diluncurkan

TANGERANG, KRJOGJA.com – Inovasi aplikasi yang terintegrasi yaitu PANUTAN (Portal Aplikasi Naskah Dinas Universitas Terbuka dan Administrasi Perkantoran) diluncurkan oleh Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D,pada Senin (27/12/2021).

Hadirnya PANUTAN tentu mempunyai banyak manfaat yaitu dalam hal pelayanan administrasi dan akademik modern menjadi akurat dan cepat, mempermudah tracing dokumen serta efisiensi penggunaan atk semua bisa unggah melalui website Universitas Terbuka (UT) di www.ut.ac.id.

“Transaksi digital merupakan budaya kerja yang utama di UT. Selain itu, tersedianya Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada aplikasi ini untuk mengurangi penggunaan kertas, namun dalam beberapa keadaan tanda tangan manual masih bisa digunakan,” ujar Ojat.

UT sebagai Pendidikan Tinggi dengan konsep jarak jauh telah menghasilkan lulusan lebih dari 1,7 mahasiswa, demikian pula mahasiswa aktif saat ini mencapai 341.000 orang.

Untuk mengelola perguruan tinggi dengan civitas academika yang begitu besar diperlukan tata kelola administrasi, layanan akademik yang modern, handal serta akurat. Untuk memanage begitu banyak kegiatan, mengerjakan secara manual saat ini sudah tidak relevan lagi.

Peluncuan program ini merupakan tantangan di era teknologi saat ini, di mana teknologi menjadi alat dalam mengefisienkan berbagai pekerjaan, menyederhanakan tahapan dalam penyelesaian pekerjaan.

“Implementasi akan menggerakkan setiap karyawan di UT untuk bekerja lebih efisien dan cepat. Keuntungan lain dari penerapan Panutan ini adalah Pekerjaan dapat dilaksanakan dimanapun karena berbasis Web, terjadi efisiensi penggunaan ATK (kertas, Printer, Toner, dan lain sebagainya) karena BOIS menciptakan paperless, mudah telusur balik (retrieve) atas dokumen yang diperlukan, efisiensi penyimpanan dokumen karena dari kertas menjadi digital,” tegasnya.(Ati)

BERITA REKOMENDASI