Seleksi Mandiri, UNS Kebanjiran Pendaftar

SOLO,KRJOGJA.com – Jalur Seleksi Mandiri 2017 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kebanjiran pendaftar. Persaingan untuk diterima sebagai mahasiswa melalui jalur ketiga ini pun semakin ketat. Karena kuota 1250 kursi yang tersedia harus diperebutkan 51.581 pendaftar.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD menjelaskan pendaftar jalur Msndiri mengalami peningkatan 25 persen, jika dibandingkan tahun lalu. Seluruh pendaftar 51.581 orang, terdiri pemilih IPA/SAINTEK: 31.245 orang, kemudian IPS/SOSHUM 18.391 dan Campuran: 1945.

Karena banyaknya peminat, panitia sempat mengeluarkan kebijakan memperpanjang masa pendaftaran hingga Jumat pukul 23.59. Ketika pendaftaran diperanjang, terjadi penumpukan pendaftar online. Kepadatan ini berakibat server down. Apalagi pada waktu yang bersamaan mereka yang diterima SBMPTN harus mengunggah data.

"Mereka yangnditerima SBMPTN dan Diploma secara bersamaan harus upload biodata," kata Prof Sutarno. Berikutnya UNS segera meminta nilai SBMPTN ke panitia pusat sesuai dengan nama-nama pendaftar jalur Mandiri. Nilai itulah yang dijadikan dasar untuk menseleksi diterima atau tidak.

Apakah yang sudah diterima SBMPTN ada yang ikut mendaftar, Prof Sutarno memperkirakan ada. Karena mereka mendadtar sebelum pengumuman. Hanya saja ia tidak bisa memastikan apakah panitia pusat memberikan nilai bagi mereka yang sudah diterima. Karena jalur Mandiri diperuntukkan bagi yang belum diterima di jalur SBMPTN.

Terus meningkatnya jumlah pendaftar sebagai indikasi masyarakat semakin percaya. "Kenaikan jumlah pendaftar salah satunya karena kepercayaan masyarakat terhadap UNS semakin tinggi," tambah Wakil Rektor I UNS itu.(Qom)

BERITA REKOMENDASI