Sepakat Bangun Pusat Budaya dan Bahasa, Fisip UPNVYK Jalin Kerjasama MSLU

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVYK) melakukan kerjasama dengan Minsk State Linguistic University (MSLU) Belarus, Jumat (14/1/2022). Kerjasama yang difasilitasi Kedutaan Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus ini fokus pada pertukaran budaya dan bahasa.

 

Penandatangan kerjasama dilakukan secara virtual yang dihadiri Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, pejabat diplomat Kedubes Belarus di Jakarta yang mewakili Dubes Republik Belarus untuk RI. Hadir juga Direktur Eropa II Kemenlu RI, perwakilan Dirjen Dikti dan Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud RI serta tenaga pengajar dari kedua universitas.

 

Rektor UPNVYK M Irhas Effendi mengatakan, kerjasama ini secara teknis akan dilakukan tim dari Jurusan Jurusan Hubungan Internasional. Termasuk menjadi tuan rumah pusat bahasa dan budaya Belarus di Indonesia.

“Beberapa program yang akan dikembangkan antara lain pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan dan promosi bahasa kedua negara,” ungkapnya.

 

Menurut Rektor MSLU Natalja Laptseva, kerjasama ini nantinya akan menjadi jembatan baru dosen dan mahasiswa kedua universitas untuk meningkatkan kualitas dan jejaring internasional. Termasuk mengenal lebih dekat berbagai potensi Indonesia melalui kebudayaan serta pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

“Kami dari MSLU akan memfasilitasi pendirian pusat bahasa dan budaya Indonesia, pengajaran Bahasa Indonesia dan penyelenggaraan event budaya Indonesia. Selain itu, kami juga akan memfasilitasi pengajaran Bahasa Rusia atau bahasa asing lainnya dan pertukaran budaya Belarus kepada mahasiswa UPNVYK,” ungkapnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI