Sertipikat Tanah Elektronik Permudah Warga Urus Hak Kepemilikan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang telah mengeluarkan aturan penggunaan sertipikat elektronik lewat Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 tahun 2021 tentang Sertipikat Elektronik. Dalam Permen tersebut, sertipikat elektronik itu menggunakan hash code, QR Code dan single identity.

Dosen Agraria Fakultas Hukum UGM Dr Rikardo Simarmata menyambut baik aturan digitalisasi sertipikat tanah elektronik tersebut. Menurutnya, sertipikat elektronik tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mengurus proses pengurusan hak milik atas tanah. “Dari sisi waktu dan anggaran sangat efisien sekali,” kata Rikardo, beberapa waktu lalu.

Rikardo yang masuk dalam tim ahli dan ikut menyusun peraturan menteri tersebut mengatakan, program sertipikat elektronik ini menjalankan amanat Peraturan Pemerintah No 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah. Namun, tujuan paling penting adalah mempermudah birokrasi dalam pengurusan sertifikat tanah melalui kemajuan teknologi informasi digital.

BERITA REKOMENDASI