Setelah Pandemi Corona Usai, Normal Baru Bergantung pada Digital

SLEMAN, KRjogja.com – Pandemi virus corona memang mengubah kehidupan semua orang, tanpa terkecuali. Kebijakan social dan physical distancing memaksa orang untuk beradaptasi dengan normal baru.

Pekerja yang biasanya wajib ke kantor, mau tak mau harus kerja dari rumah. Begitu juga dengan siswa dan mahasiswa yang belajar daring. Pedagang di pasar wajib bisa memanfaatkan teknologi agar dagangan tetap laku.

Bisa dibilang, dunia digital makin diandalkan untuk mengisi keseharian dan mengganti aktivitas yang dulunya dilakukan secara konvensional. Mulai dari berbelanja, hingga menggelar kegiatan belajar mengajar.

Helda Herzusinta (22), seorang mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta kini banyak menghabiskan waktu di rumah. Ia menceritakan, semenjak kuliah daring, dirinya perlu siap cukup banyak kuota, khususnya untuk mata kuliah yang mengharuskan bertatap muka dengan dosen lewat aplikasi.

“Kendalanya macam-macam sih, kadang sinyal hilang sehingga ketika mau masuk ke aplikasi, suka tiba-tiba terputus,” katanya kepada KRjogja.com baru-baru ini. Bagi Helda, selama dua bulan kuliah dari rumah membuatnya harus menata ulang keseharian yang baru.

BERITA REKOMENDASI