Setelah Pandemi Corona Usai, Normal Baru Bergantung pada Digital

Sebelum ada pandemi, setiap Senin hingga Jum’at, ia pasti disibukkan dengan berbagai acara kampus maupun mengerjakan tugas dengan teman. Agenda berkumpul bersama sahabat juga tak luput dari kesehariannya.

“Ya sekarang jadi banyak kegiatan belanja lewat aplikasi saja. Apalagi karena banyak promo yang ditawarkan,” tambahnya. Ia juga menceritakan, selama pandemi, dirinya jadi banyak mengerjakan banyak hal di rumah, seperti mengecat ulang kamarnya hingga mempercantik diri.

“Paling, berhubungan dengan teman-teman kampus lewat WhatsApp atau aplikasi lain agar tidak ketinggalan info,” jelas Helda. Tak hanya Helda, normal baru juga harus dihadapi oleh Anggita Dyah (27), seorang karyawan swasta. Mengikuti himbauan pemerintah, toko tempat ia bekerja harus tutup hingga lebaran.

Meskipun berat, namun ia berusaha untuk cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. “Awal-awal kerja dari rumah itu berat karena bawaannya ingin rebahan terus. Padahal biasanya kalau kerja, tidur cuma siang atau malam saja. Setelah kerja dari rumah, malah seperti tidur seharian,”  jelas Anggita.

Lama kelamaan, ia merasa risih dengan kegiatan yang sepertinya kurang memiliki tujuan itu. Maka, dirinya berusaha menata ulang aktivitas harian agar tetap menerima pendapatan tambahan.

“Berusaha jualan kecil-kecilan. Promosinya lewat daring saja, WhatsApp atau Instagram terus bisa Cash on Delivery (COD) juga. Jualan seperti ini tidak mengharuskan modal banyak sih menurut saya,” bebernya.

BERITA REKOMENDASI