Signly, Verbalkan Bahasa Isyarat untuk Bantu Difabel

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM Nindi Kusuma Ningrum, Faturahman Yudanto dan Lely Monalisa mengembangkan sebuah alat menarik yang bisa membantu difabel khususnya tuna rungu dan tuna wicara. Alat berbentuk sarung tangan ini bisa mempermudah masyarakat difabel untuk  berkomunikasi dengan orang lain.

Ketua tim pengembang, Nindi Kusuma Ningrum mengatakan perangat tersebut berbentuk sarung tangan yang diberinama Signly, singkatan dari Sign Language Translator Synchronously. Signly ini menurut dia bisa menerjemahkan bahasa isyarat secara langsung ke bahasa verbal yang dinilai membantu para difabel.

“Komponen utama alat ini adalah sarung tangan, ponsel pintar, dan komputer. Ada teknologi yang mendeteksi gerakan dan posisi jari tangan melalui flek sensor yang ada di dalam sarung tangan. Selanjutnya, informasi berupa huruf tersebut diterima dan ditampilkan melalui aplikasi berbasis dekstop maupun ponsel pintar. Nantinya output yang masih berbentuk tulisan tersebut akan dikonversikan menjadi bentuk suara,” ungkapnya ketika berbincang Jumat (29/6/2018).

Nantinya lawan bicara difabel pun dapat menjawab komunikasi tersebut dengan suara dan akan dikoversikan menjadi bahasa verbal tulis yang dapat dibaca oleh melalui layar ponsel pintar maupun komputer. “Jadi ketika berkomunikasi bisa lebih mudah, sama-sama memahami karena tidak semua orang paham bahasa isyarat,” sambungnya.

Sementara Signly sendiri menggunakan katalog bahasa isyarat masukan yang diambil dari American Sign Language, Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), serta masukan-masukan baru dengan menggunakan kombinasi lima jari tangan. Para mahasiswa UGM pun berharap Signly bisa membantu difabel Indonesia untuk semakin mudah berkomunikasi yang tentunya membawa banyak dampak ikutan positif kedepannya.

“Kami masih akan menyempurnakan lagi dan harapannya alat ini bisa digunakan dan memudahkan komunikasi teman-teman difabel,” pungkas Faturahman Yudanto. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI