SMK dan Perguruan Vokasi Dapat Pendampingan Intensif dari IDUKA

Dijelaskan Wikan, sinkronisasi kebijakan peningkatan program studi D3 ke D4 dan SMK-D2 jalur cepat ini adalah upaya pembaruan pendidikan tinggi vokasi yang terpadu, tautsuai, dan berkelanjutan yang konsep utamanya yakni Merdeka Belajar.

Upaya lain dalam mendorong program studi D-3 untuk ditingkatkan menjadi D-4 yaitu dengan membuka program studi baru untuk jenjang sarjana terapan (D-4) pada perguruan tinggi vokasi. Syarat utama peningkatan program studi ini adalah implementasi ketautsuaian pendidikan vokasi dengan IDUKA dilakukan secara konkret, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Dengan kata lain, Wikan mengatakan, perguruan tinggi vokasi wajib memiliki bukti kerja sama dengan IDUKA dalam pengembangan pendidikan vokasi yang sudah terlaksana atau minimal diinisiasi. “Inilah urgensi dari program peningkatan D-3 menjadi D-4, yakni memastikan terselenggaranya pendidikan vokasi yang memiliki keselarasan dengan IDUKA,” jelasnya.

Tercatat, melalui survei yang dilakukan Ditjen Diksi pada awal tahun 2021 sudah ada lebih dari 280 prodi D-3 yang berminat untuk melakukan peningkatan program studi ke D-4. Sedangkan target tahun ini adalah terselenggaranya peningkatan program studi untuk 80 prodi. Ditambah lagi, melalui payung program Kampus Merdeka Vokasi, peningkatan program studi D-3 ke D-4 juga didorong dengan pemberian insentif dengan skema competitive fund.

BERITA REKOMENDASI