Soroti Sistem Kampus, Ini Permintaan Presiden Jokowi

MAKASSAR, KRJOGJA.com – Presiden Jokowi Dodo yang didampingi ibu negara Iriana Jokowi Dodo, menghadiri acara Konferensi Forum Rektor Indonesia di  Gedung Aula Andi Pangeran Pettarani Universitas Hasanuddin Makassar, baru-baru ini.

Jokowi sapaan akrabnya, mengatakan setiap kampus di Indonesia harus mampu melakukan perubahan. Perlu terobosan di bidang pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya alam.

“Semua universitas perlu berkontribusi pada masyarakat dan sekitarnya, misalnya yang berada di pesisir bisa mengembangkan potensi kekayaan laut melalui inovasi pemberdayaan ikan dan kelesatarian bahari,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Menurutnya, sistem informasi diperguruan tinggi sangat kaku, terlebih aplikasi pendataan yang menyulitkan administrasi.

“Jadi tolong menteri-menteri yang terkait kembangkan sistem informasi yang andal, aplikasi yang simpel yang mendukung pekerjaan administrasi. Jadi menristek dikti nya harus berubah dulu,” jelasnya.

Konferensi yang dihadiri seluruh rektor Infonesia, guna meresmikan konvensi kampus XIV dan Temu Tahunan XX FRI. dengan tema memperkuat karakter bangsa dalam menghadapi disrupsi peradaban.(*)

BERITA REKOMENDASI