STISIPOL Kartika Bangsa Terus Tingkatkan Kualitas Sistem Penjaminan Mutu

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Kartika Bangsa terus meningkatkan kualitas dari sistem penjaminan mutu perguruan tinggi di internalnya. Salah satu upayanya dengan mengadakan pelatihan penyegaran sistem penjaminan mutu di Aula Stisipol Kartika Bangsa Yogyakarta, Senin (15/3/2021).

Pelatihan menghadirkan narasumber Auditor Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi UGM Drs Soeprapto SU diikuti para pimpinan, pengurus program studi, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum (BAU) dan perwakilan dosen di lingkungan Stisipol Kartika Bangsa. Pelatihan digelar terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut Soeprapto, Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) bisa dikatakan merupakan ruh atau mesin dari sebuah perguruan tinggi. Hal itu lantaran, dalam SPMI-PT ada proses yang disebut PPEPP yaitu penetapan standar pengelolaan pendidikan tinggi, pelaksanaan standar dan evaluasi pelaksanaan standar.

Kemudian pengendalian pelaksanaan standar sehingga terjadi peningkatan mutu. Pada tahap evaluasi, perlu dilakukan Audit Mutu Internal (AMI) sebelum Audit Mutu Eksternal, yaitu akreditasi oleh BAN-PT. “Tahapan pelaksanaan SPMI-PT harus secara konsisten dan berkelanjutan,” kata Soeprapto kepada KRJOGJA.com usai pelatihan.

Pembantu Ketua 1 Stisipol Kartika Bangsa, Vebriza Juliswara SH SSos MA mengatakan, pelaksanaan SPMI-PT bersifat wajib bagi sebuah perguruan tinggi, sehingga Stisipol Kartika Bangsa telah memiliki unit penjaminan mutu internal. Selain itu pihaknya terus membudayakan peningkatan kualitas kepada seluruh sivitas akademika, karena mutu perguruan tinggi berkaitan erat dengan akreditasi.

“Setelah pelatihan dan penyegaran SPMI-PT ini capaian-capaian yang telah diraih akan kita kelola lebih baik melalui unit penjaminan mutu. Terutama, penelitian dan pengabdian para dosen akan terus kita tingkatkan,” pungkasnya.(Dev)

BERITA REKOMENDASI